Halo sobat PSL, di tahun 2021 wabah covid 19 pun masih belum hilang di Indonesia, dengan memperbanyak aktivitas di dalam rumah tentu akan banyak sampah yang tertimbun mulai dari sampah makanan sampai kantor karena banyaknya  aktivitas, sehingga mengurangi estetika dirumah dan menimbulkan aroma kurang sedap. Oleh karena itu, salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk menangani sampah dan menciptakan suasana rumah yang lebih rapi tertata adalah mulai dari memilah sampah.

​Secara garis besar, sampah terdiri dari sampah organik, seperti sampah dari sisa sisa makanan, daun daun kering, dan ranting, sampah anorganik seperti botol, gelas plastik, kemasan plastik, kantong plastik dan sampah lainnya yang dapat didaur ulang, dan sampah B3, bahan berbahaya beracun. Setiap sampah tersebut harus dibedakan pembuangannya, wadah organik ya tentu sampah organik saja, wadah anorganik sampah anorganik saja begitupun wadah B3, tidak harus membeli wadah yang baru, dengan wadah yang sudah ada dirumah seperti totebag yang tidak terpakai, tempat ember pun juga bisa digunakan atau wadah lainnya.

Banyak sekali manfaat jika kita sudah memilah sampah dari rumah, dari estetika rumah terjaga, aroma tak sedap tidak tercium, membantu mempermudah petugas angkut sampah sehingga tidak berceceran saat di angkut.

untuk wadah bisa dinamakan atau dikasih simbol seperti sampah warna kuning untuk Anorganik, hijau untuk organik, merah untuk B3.

Nah sobat PSL Jadikan pilah sampah sebagai salah satu kebiasaanmu jika sudah berhasil dirumah, aplikasikan lah diluar, sehigga bisa belajar lagi step selanjutnya untuk tidak membuang sampah tapi mengubah sampah menjadi manfaat kita semua.

Salam Budi Luhur.

Salam Pusat Studi Lingkungan.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LOKASI

Kampus Pusat: Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia.

Telp: 021-585 3753
Fax: 021-585 3752.
Email: info@budiluhur.ac.id
Web : Univ.Budi Luhur